Tuesday, June 10, 2014

Help and documentation - kaoscouple99.net

Permasalahan : Informasi cara pemesanan melalui blog kurang jelas (pada menu FAQ) dan penjelasan tidak berdasarkan kategori (semua dituliskan/terlalu panjang).

Berdasarkan "Heuristic Evaluation" penting memberikan informasi dan dokumentasi pada sistem. Setiap informasi harus mudah dicari, fokus pada task user, langkah - langkah yang harus dikerjakan oleh user harus jelas tidak terlalu panjang, dan yang paling penting adalah KISS (Keep It Short and Simple). Pada blog  kaoscouple99.net seluruh informasi digabung menjadi satu halaman (full tulisan) dan jarak antar tulisan terlalu rapat. Jenis informasi yang diberikan sudah sesuai dengan kategori. Akan tetapi, informasi (FAQ) tidak bisa dicari (search) dari kolom pencarian.

Tampilan ketika melakukan perncarian "cari order" dari kolom pencarian :
1. Kolom Pencarian            








2. Hasil Pencarian







Dari hasil pencarian tidak ditemukan "cara order" yang ingin diketahui oleh user. Jadi, jika user ingin mengetahui cara order harus membuka menu FAQ terlebih dahulu.

Permasalahan lainnya yaitu urutan langkah untuk pemesanan barang agak ribet, setelah memilih barang yang akan dibeli :
1. Ketika edit jumlah barang yang akan dibeli harus klik button recalculate dulu, seperti gambar berikut :

2. Setelah yakin dengan barang yang akan dibeli pilih pembayaran (contoh : transfer bank) -> klik button "Check Out". Ekspektasi user yang tampil selanjutnya adalah halaman konfirmasi pembayaran, akan tetapi yang muncul halaman "Shipping Information" yang agak membingungkan karena tampilannya berupa dropdown alamat yang agak membingungkan.
3. Setelah klik OK! pada halaman "Shipping Information" baru masuk ke halaman konfirmasi, seperti gambar berikut :
Ketika mencoba untuk "edit alamat pengiriman", user kembali ke halaman "Shipping Information",memilihdropdown "--alamat lain--" dan harus mengetik ulang form alamat seperti berikut :


Rekomendasi Perbaikan : Beberapa rekomendasi perbaikan untuk permasalahan di atas sebagai berikut:
  1. Jika menyediakan kolom pencarian sebaiknya bisa mengeluarkan hasil terhadap keyword yang dimasukkan (selama berhubungan dengan blog) atau berikan informasi/keterangan cara penulisan keyword pencarian jika kolom pencarian hanya bisa untuk pencarian "temu kembali data".
  2. Sebaiknya ketika user mengedit quantity barang harganya langsung berubah tanpa harus klik button "recalculate".
  3. Jangan membuat user mengulang pengisian form ketika melakukan edit alamat pengiriman, cukup dengan isian alamat saja. (jika tidak diperbaiki akan membuat user kesulitan karena harus mengulang step tersebut dan jika user merasa kesulitan bisa saja mereka batal melakukan pembelian).


Severity Rating / Peringkat keparahan : Merupakan penilaian berupa peringkat dari 0 - 4
     0 : Saya tidak setuju, tidak menjadi masalah
     1 : Tidak perlu diperbaiki, kecuali tersedia waktu tambahan untuk project
     2 : Permasalahan Minor, prioritas rendah (low priority)
     3 : Permasalahan Mayor, prioritas tinggi (high priority)
     4 : Penting untuk diperbaiki sebelum product di release

     Severity rating / peringkat keparahan untuk beberapa permasalahan ini adalah : 3

No comments:

Post a Comment