Tuesday, June 10, 2014

Aesthetic and minimalist design - kaoscouple99.net

Permasalahan : Terlalu banyak informasi yang disajikan pada halaman Home. Perulangan informasi yang sama pada "categories" dan menu produk.


Pertama kali masuk ke blog user akan diarahkan ke halaman Home. Sayangnya di halaman Home yang terlihat oleh user pertama kali adalah sederetan tulisan informasi yang terlalu panjang yang bahkan mungkin tidak akan dilirik oleh user, karena tujuan utama adalah melihat produk atau info sale(jika ada). Setelah scroll down baru terlihat informasi barang yang di sale.

Bayangan saya ketika masuk ke menu "Produk" adalah tampilan gambar serta harga dari produk - produk yang tersedia berdasarkan pengelompokan barang. Akan tetapi yang tampil adalah deretan menu dengan judul "Site Map Product " yang urutan dan isinya sama persis dengan "categories", seperti gambar di bawah ini :

Berikutnya adalah menu "Info Grosir" yang berisi keterangan tata cara serta harga - harga dari masing - masing produk jika ingin menjadi reseller. Memang benar informasi yang disampaikan pada halaman ini adalah informasi yang penting. Akan tetapi begitu banyak tulisan yang jaraknya pun terlalu rapat antar informasi lainnya membuat user lelah untuk berlama - lama membaca keterangan tersebut.

Rekomendasi Perbaikan : 

  1. Saran untuk menu Home yang pertama kali dilihat oleh user sebaiknya informasi sale yang sedang berlangsung. Sedangkan keterangan panjang yang berada pada menu Home dipindahkan atau dijadikan satu menu "Customer Care" yang isinya mencakup FAQ, Info grosir, dan cara pembelian.
  2. Jika informasi pada "categories" dan menu produk (Site Map Product) sama sebaiknya gunakan salah satu saja.
  3. Keterangan menu info grosir bisa dibuat agak berjarak kalimat satu dengan yang lainnya. Untuk jenis barang (gambar), ukuran, dan harga barang yang di reseller bisa dibuat dalam bentuk tabel agar lebih simpel dan mudah dilihat oleh user.

Severity Rating / Peringkat keparahan : Merupakan penilaian berupa peringkat dari 0 - 4
     0 : Saya tidak setuju, tidak menjadi masalah
     1 : Tidak perlu diperbaiki, kecuali tersedia waktu tambahan untuk project
     2 : Permasalahan Minor, prioritas rendah (low priority)
     3 : Permasalahan Mayor, prioritas tinggi (high priority)
     4 : Penting untuk diperbaiki sebelum product di release

Severity rating / peringkat keparahan untuk beberapa permasalahan ini adalah : 1

No comments:

Post a Comment